Ketika menentukan ranjang anak, harus mengutamakan kenyamanan dan design. Tetapi, kadang Ukuran Ketinggian Ranjang Anak tidak masuk ke daftar alasan, walau sebenarnya ketinggian adalah factor yang perlu untuk jadi perhatian.

Kerangka ranjang dan ketinggian bisa memberi kontributor yang berarti pada penampilan dan peranan ranjang anak.

Sesungguhnya ketinggian dan kenyaman mempunyai benang merah yang terkait, karena saat anak bangkit dari tidur, bila ketinggian ranjang begitu tinggi tidak tutup peluang untuk jatuh.

Baca juga : 8 Desain Kamar Tidur Minimalis Bagus untuk Ruang Sempit

Seorang ahli tidur menjelaskan rerata tinggi ranjang anak seputar 60 cm tetapi, ini berbeda tiap individualnya dan umur mereka.

Berapakah tinggi ranjang terbaik?

Ukuran Ketinggian Ranjang Anak

Ukuran Ketinggian Ranjang Anak

Ketinggian ranjang anak harus sesuai ketinggian sang anak, hingga dapat disamakan pendek atau tingginya. Umumnya kasur memiliki jarak 40-60 cm dari lantai.

Untuk menghitungnya, duduklah di pinggir ranjang, bila kaki anak rata dengan lantai dan lutut sejajar dengan pinggul, ranjang anak ada pada ketinggian yang tepat.

Tetapi bila lutut anak di atas pinggul ranjang begitu rendah apabila kaki sang anak tidak bisa sentuh lantai dengan nyaman, ranjang begitu tinggi.

Baca juga : 8 Desain Tempat Tidur Kayu Jati, Kokoh & Elegan

Menurut pakar Feng Shui Sally Painter, ketinggian ranjang anak bisa tentukan kualitas tidur, dan karenanya situasi hati Anda, berdasar tingkat ‘chi’.

Chi ialah istilah China kuno yang bisa ditranslate sebagai energi. Ia merekomendasikan chi harus dapat mengucur di seputar ranjang.

Ketinggian ranjang yang begitu pendek bisa merintangi saluran energi ini, hingga anak tidak bisa tidur pulas. Sedang kerangka ranjang yang tinggi bisa membuat anak rawan pada energi tingkat tinggi hingga pada malam hari akan resah.

“Kuncinya ialah cari media berbahagia tanpa merintangi ruangan di bawah ranjang Anda,”
Kedalaman Kasur

Bergantung pada kerangka ranjang yang diputuskan, kasur juga harus tepat. Bila inginkan kasur tambahan tebal untuk kenyamanan, pilih kerangka ranjang yang lebih pendek.

Demikian demikian sebaliknya, bila menyenangi kerangka ranjang yang tinggi dengan beberapa ruangan penyimpanan di bawahnya, kasur yang lebih tipis adalah jalan keluar terbaik.

Baca juga : Lihat 5 Desain Bufet TV Minimalis yang Unik & Kekinian

Kecuali mempengaruhi factor kenyamanan, ketinggian ranjang juga penting karena bisa mempengaruhi penampilan kamar anak Anda keseluruhannya.

Misalkan, tempat tidur yang rendah bisa membuat ruang nampak lebih luas dibanding tempat tidur yang semakin tinggi. Tetapi, bila sang anak mempunyai plafon yang tinggi, ranjang yang semakin tinggi bisa terlihat lebih sesuai ruang itu. Kecuali banyak area untuk menyimpan, ranjang tinggi tawarkan kesan-kesan eksklusif. Sedang ranjang pendek secara harfiah lebih membumi dan membuat kesan-kesan rileks dan minimalis.