Tidak harus selalu formal, Anda dapat menciptakan ruang tamu lesehan untuk memaksimalkan fungsi relaksasi. Terlebih lagi bagi para keluarga muda yang masih aktif. Ruang tamu dengan tempat duduk di bawah akan hemat tempat, mudah ditata sesuai mood dan lebih nyaman. 

Selain itu, desain ruang tamu semacam ini dapat menekan budget untuk belanja perabotan maupun renovasi. Apabila tertarik, sudah tersaji beberapa bahan inspirasi khusus untuk Anda. 

6 Desain Ruang Tamu Berkonsep Lesehan 

Ruang Tamu Lesehan Kayu Ala Jepang

Ruang Tamu Ala Jepang
Sumber : Google.com

Arsitektur rumah Jepang sangat cocok diaplikasikan untuk menciptakan ruang lesehan nyaman yang Anda impikan. Salah satu elemen yang esensial adalah zabuton dan zaisu. Adapun yang dimaksud dengan zabuton yakni bantal khas Jepang yang berfungsi untuk duduk. 

Sedangkan zaisu adalah kursi lantai yang tidak dilengkapi dengan kaki penyangga. Seperti yang Anda lihat pada gambar, zabuton dipasangkan pada zaisu sehingga sehingga lebih nyaman untuk diduduki karena empuk dan memiliki sandaran. 

Elemen lain adalah meja kayu berkaki pendek yang orang Jepang sebut sebagai chabudai. Meja tersebut umumnya didesain dengan kaki-kaki meja lepas-pasang sehingga mudah disimpan dan dipindahkan. 

Agar nuansa Jepang semakin kental, alasi bagian lantai dengan tatami yang merupakan tikar tradisional dari Negeri Sakura tersebut. Warnanya yang kekuningan sangat selaras dengan elemen kayu yang mendominasi ruangan. 

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan kayu asli untuk bagian ubin atau karpet yang bertekstur kayu. Apabila membutuhkan tempat duduk tambahan, jenis kursi santai dari rotan menjadi pilihan yang terbaik.  

Ruang Tamu Lesehan Bantal

Ruang Tamu Lesehan Kecil
Sumber : Google.com

Bagi yang tidak ingin ribet dan lebih santai, desain ruang tamu lesehan penuh bantal dapat diterapkan. Anda tidak membutuhkan meja ataupun perabotan lain karena ruang tamu hanya dipenuhi oleh bantal-bantal. 

Anda hanya perlu menyusun bantal tersebut agar tampak rapi. Letakkan beberapa bantal secara tegak dan menempel pada dinding sehingga berfungsi sebagai sandaran. Kemudian, letakkan bantal lain secara horizontal yang digunakan untuk alas duduk. 

Penggunaan material kayu sebagai lantai ruangan merupakan pilihan yang bagus. Terlebih lagi, ruangan dilengkapi dengan jendela kaca besar yang langsung menghadap ke taman luar. Dengan begitu, elemen kayu akan menyatu sempurna dengan nuansa alam di sekitar. 

Seperti pada gambar, warna putih cocok dipakai pada dinding untuk menampilkan kesan yang lapang dan terang. Kontraskan dengan warna hitam pada lapisan bantal ataupun jenis warna terang lain yang Anda sukai. 

Penataan semacam itu sangat sesuai diaplikasikan pada ruang tamu yang sempit. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan suasana yang lebih akrab, desain tersebut juga pas.  

Desain Lesehan Minimalis

desain lesehan minimalis
Sumber Goggle.com

Kunci dari ruangan yang minimalis adalah mengeliminasi perabotan yang tidak dibutuhkan dan menggunakan warna putih atau netral. Pada gambar, kesan minimalis terlihat kental berkat dominasi warna putih dan furniture yang fungsional. 

Pemilihan warna coklat tua memang pas dijadikan sebagai kombinasi. Selain terlihat elegan, nuansa warna ruang tamu juga tidak berlebihan dan mencolok. 

Hanya terdapat dua kursi lantai berbentuk bulat dengan meja kayu yang berkaki sangat pendek, bahkan seakan rata dengan lantai. Rak kayu tempel yang ramping dan memanjang semakin menegaskan tampilan minimalis. Terlebih lagi, hiasan yang terpajang tidak sesak memenuhi rak. 

Dua pot yang lagi-lagi juga dari kayu ditambahkan untuk memberikan kesegaran di ruangan. Pada bagian tengah, partisi yang tinggi dan tidak terlalu tebal dilengkapi dengan rak tanam untuk menaruh televisi mungil. 

Penambahan karpet untuk melapisi lantai dari kayu merupakan keputusan tepat untuk menambah kenyamanan pada ruangan. Sebagai catatan, kayu yang dipakai tidak harus dari material asli. Anda dapat menggantinya dengan linoleum yang bertekstur kayu. 

Desain Lesehan yang Luas

ruang keluarga
Sumber Google.com

Ruang tamu lesehan tanpa sofa cocok diaplikasikan untuk space yang luas sehingga dapat memuat lebih banyak orang. Seperti pada gambar, pilihan furniture yang tepat adalah alas duduk bulat model anyaman rotan. 

Alas duduk semacam itu tidak akan membuat ruangan menjadi sesak sekalipun jumlahnya banyak. Kombinasikan dengan meja panjang yang memiliki kaki-kaki pendek. Letakkan beberapa alas tersebut di sisi kanan dan kiri meja.  

Sisa alas rotan dapat Anda tumpuk di salah satu sudut untuk diambil apabila membutuhkan tempat duduk ekstra. Agar terasa lebih cozy, tambahkan saja beberapa bantal persegi untuk tiap alas rotan yang disusun. 

Selain sebagai tempat duduk, alas rotan juga dapat difungsikan sebagai meja kecil untuk meletakkan tanaman. Namun, pastikan media tanam yang digunakan tidak berat dan pot dalam keadaan kering. 

Menyoal tentang warna, pemilihan serba coklat untuk ruang tamu akan menghadirkan suasana yang bersahabat, teduh dan nyaman. Sedangkan model jendela kaca yang juga difungsikan sebagai pintu menjadikan ruangan lebih lapang dan terang. 

Lesehan Ala Arab 

Kursi Lesehan Model Arab

Tidak hanya Jepang, Anda juga dapat mengadopsi interior khas Arab untuk ruang tamu dambaan. Ciri khas Arab yang dapat ditonjolkan adalah penggunaan motif garis-garis, motif abstrak dan kombinasi warna yang beragam. 

Motif tersebut tampak indah membalut bantal besar dan empuk yang dijadikan sebagai alas duduk. Sebagian bantal didesain lepas dan beberapa di antaranya memiliki sandaran pendek yang tebal. 

Cushion semacam itu sangat nyaman untuk diduduki, tidak mudah sobek apalagi amblas karena lapisannya kuat. Furniture tambahan lain yaitu meja bundar kecil yang ringan sehingga mudah dipindahkan. 

Selanjutnya, bagian lantai tertutup oleh karpet empuk untuk menciptakan kenyamanan yang lebih. Pemilihan warna-warna yang cerah seperti kuning dan merah muda menjadikan ruang tamu Anda terkesan hidup dan menyenangkan sebagai tempat bercengkrama.

Lesehan ala Arab ini cocok dipadukan dengan model jendela arsitektur yang bentuknya memanjang ke bawah. Desain jendela arsitektur mampu mengimbangi interior Arab yang Anda gunakan karena sama-sama megah dan unik. 

Lesehan Hijau 

ruang tamu lesehan
SUmber : Google.com

Menghadirkan kesegaran dan ketenangan ke dalam rumah dapat Anda mulai dengan memilih warna hijau untuk ruang tamu lesehan. Nuansa keakraban dan kebahagiaan juga akan muncul terlebih lagi dengan menggunakan warna kuning sebagai kombinasi. 

Area terbaik untuk mengaplikasikan warna hijau yakni seluruh permukaan dinding ruangan. Padukan dengan jendela kaca besar yang dibingkai warna putih agar ruangan tampak terang. Selain itu, tambahkan juga tanaman di salah satu sudut untuk kesan alami yang lebih nyata. 

Bagaimana dengan tempat duduknya? Alas duduk empuk berbentuk memanjang merupakan pilihan terbaik apabila Anda bosan dengan model bulat atau persegi. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa bantal dengan warna-warna yang netral. 

Bagian tengah ruangan, cukup isi dengan meja berbentuk bundar untuk menghemat space. Material kayu untuk meja jelas cocok karena lebih menyatu dengan ruangan. Agar dinding tidak kosong, hiasan berukuran besar dengan warna dasar putih menjadi pilihan yang tepat. 

Gaya lesehan sebenarnya tetap nyaman dengan lantai tanpa penutup. Namun, tidak ada salahnya untuk melapisinya dengan karpet agar ruang tamu Anda lebih cantik.  

Ruang tamu lesehan cocok untuk tempat yang luas maupun sempit. Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan adalah kursi. Pilihan yang direkomendasikan seperti alas duduk tanpa penyangga khas Jepang, alas duduk bulat dari anyaman rotan, alas tebal khas Arab dan bean bag. 

Selain itu, furnitur lain yang dijadikan kombinasi juga tidak kalah penting. Anda harus menyesuaikan dengan tema ruangan sehingga terlihat seimbang dan nyaman untuk tempat menyambut tamu.